fbpx
Kesehatan

Kualitas Udara Sentuh Level Bahaya, Hampir 10 Ribu Warga Riau Terserang ISPA

Parentingsehat.com – Kualitas Udara Sentuh Level Bahaya, Hampir 10 Ribu Warga Riau Terserang ISPA. Seperti yang dijelaskan, kualitas udara pada Pekanbaru, Riau telah mencapai titik atau level yang berbagaya. Menurut dari BMKG, 13 September lalu, tingkat pencemaran udara berdasar Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai hingga 353.

Dampak dari hal tersebut, warga mempunyai potensi untuk terserang penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).Seperti yang tercatat oleh Dinas Kesehatan Riau, ada peningkatan kunjungan pada fasilitas kesehatan dengan kasus ISPA hingga total jumlah sebanyak 9.931 orang.

Untuk mengambil tindakan dalam menanggulangi al tersebut, Dinas Kesehatan setempat memberikan instruksi puskesma serta rumah sakit untuk buka 24 jam. “Masyarakat yang terdampak dengan karhutla wajib rumah sakit tangani tanpa memungut biaya satu rupiah pun juga,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, pada rilis seperti yang dilansir dari detikcom.

Dengan buruknya kualitas udara di Riau dan beberapa daerah di sekitarnya, terdampak dari adanya kebakaran hutan dan lahan yang telah berlangsung selama beberapa hari berturut-turut. Dalam hal ini, bagi warga yang ingin melakukan aktivitas di luar ruangan, dihimbau untuk memakai masker. Tidak luput pula untuk menggunakan kacamata sebagai pelindung untuk menghindari iritasi pada mata.

“Jika harus keluar ruangan harus pakai masker. Dan untuk menghindari iritasi mata, gunakan kacamata. Cegah iritasi kulit pakai baju lengan panjang,” tandas Mimi.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close