fbpx
Kesehatan

Kram Pada Kaki Bisa Menjadi Pertanda Adanya Resiko Penyakit Jantung Dan Stroke

Parentingsehat.com – Sering terjadi kram pada kaki merupakan maslaah yang bisa dialami oleh mereka yang jarang berolahraga. Masalah tersebut umumnya dialami banyak orang seiring dengan bertambahnya usia.

Seperti dilansir dari New York Post, sakit kaki pada beberapa kasus bisa menjadi pertanda awal dari stroke ataupun serangan jantung. Sebab kram pada kaki menjadi tanda penyakit arteri perifer yang mempunyai resiko pada kesehatan jantung dan otak.

“Ketika kamu merasakan cengkeraman atau sensasi kram pada betis ketika berjalan, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi tanda adanya penyakit jantung perifer,” jelas Professor David Newby, profesor kardiologi dari British Heart Foundation Professor.

“Hal ini umum dialami perokok dan orang yang memiliki diabetes,” imbuhnya.

Rasa sakit yang muncul juga berbeda dengan kelelahan pada oto. Khususnya yang disebabkan lantaran olahraga yang umumnya bertahan selama beberapa jam atau hari.

“Hal ini mungkin terjadi ketika ketika berjalan naik tangga atau bukit dan kamu bakal berhenti berkali-kali untuk beristirahat,” ungkap Dr. Aruna Pradhan, pakar kardiologi dan asisten profesor di Harvard Medical School.

Pada saat mengalami penyakit jantung perifer, sangat disarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup. Bisa dimulai dengan olahraga secara rutin, hindari rokok, dan juga mengkonsumsi makanan kaya buah, sayur, lemak sehat, dan juga biji-bijian.

“Salah satu masalah dari penyakit jantung perifer ini adalah bahwa orang diajari untuk menghindari rasa sakit yang muncul,” lanjut Pradhan.

“Jadi, seseorang yang mulai merasa sakit di kaki mereka ketika berjalan mungkin berpikir bahwa mereka semakin tua dan berhenti berjalan. Hal ini sesungguhnya tidak kamu inginkan. Ketika kamu didiagnosis penyakit jantung perifer dan mengetahui penyebabnya, dokter akan menyarankan orang untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik untuk membantu mereka tetap fungsional,” imbuhnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close