fbpx
Balita dan AnakBayi

Kopi Disebut Bisa Cegah Kejang Pada Bayi, Dokter : Hoax!

Parentingsehat.com – Ditengah ramainya kasus bayi yang diberikan kopi sejak berusia 6 bulan sedikit mengungkap mitos yang dipercaya oleh sebagian orang tua. Pasalnya, dengan memberikan sedikit kopi pada bayi, atau diberikan kepada anak, maka dipercaya bisa mencegah step (kejang demam). Dijelaskan oleh Praktisi Kesehatan Anak, dr Wiyarni Pambudi, SpA, informasi tersebut sangatlah tidak benar (hoax).

“Hoax ya. Untuk anak yang punya risiko atau kondisi kejang, dokter akan memberikan resep obat anti kejang, bukannya kopi,” ungkap dr Wiyarni, dilansir dari detikcom, Senin (16/9/2019).

Sedangkan untuk sebelumnya, dikabarkan bahwa seorang bayi 14 bulan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Hadijah Haura, yang diberi kopi oleh orang tuanya. Sebagai alasan, orang tua tersebut tidak mempunyai cukup uang untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat.

Dr Wiyarni menilai, konsumsi kopi pada bayi sama halnya dengan yang terjadi pada Haura, bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Kandungan kafein yang ada pada kopi, bisa berpengaruh pada fungsi organ tubuhnya, meski yang diberikan hanya sedikit.

“Walaupun hanya sesendok kecil, sangat berpengaruh karena bayi jauh lebih sensitif dari pada orang dewasa. Efek kafein sendiri juga diteliti bisa bertahan sampai lebih dari 6 jam,” paparnya.

Meski pemberian kpoi pada bayi atau anak dengan jumlah sedikit, tetap saja hal tersebut tidak diperbolehkan..

“Lebih baik untuk anak yang masih di bawah 2 tahun diberikan ASI eksklusif dan MPASI. Kopi itu nggak ada manfaatnya, yang ada efek negatif. Kalau anaknya step atau kejang segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan obat dan perawatan yang tepat,” jelasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close