fbpx
Kesehatan

Konsentrasi Remaja Bisa Terganggu Akibat Kecanduan Gadget

Parentingsehat.com – Fenoma terkait dengan kalangan remaja yang tidak bisa lepas dari gadget menjadi sorotan tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Diperoleh dari penelitian yang dilakukan pada remaja di Belanda, mengungkap bahwa dengan membatasi penggunaan gadget, mampu memperbaiki kualitas tidur dan konsentrasi mereka.

Menurut yang dikutip dari Mirror, meningkatnya kualitas tidur bisa meningkatkan stamina, konsentrasi, serta suasana hati dalam seminggu. Pasalnya, terganggunya kualitas tidur disebabkan oleh adanya paparan cahaya biru di layar gadget yang dipakai setiap hari.

Dikatakan oleh dr. Miriam Stoppard, paparan cahaya dari layar yang berlebih sebelum tidur, maka bisa mempengaruhi kinerja otak dan produksi hormon melatonin, yang sangat berdampak pada kualitas tidur.

“Remaja semakin menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat dengan layar dan keluhan tidur sering terjadi pada kelompok usia ini. Di sini kami menunjukkan dengan sangat sederhana bahwa keluhan tidur ini dapat dengan mudah dibalik dengan meminimalkan penggunaan layar malam atau paparan cahaya biru,” ucap Dr Dirk Jan Stenvers, dari departemen endokrinologi dan metabolisme di UMC Amsterdam.

“Berdasarkan data kami, ada kemungkinan bahwa keluhan tidur remaja dan keterlambatan tidur setidaknya sebagian dimediasi oleh cahaya biru dari layar,” tambahnya.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk bisa mengetahui keterkaitan antara pola tidur dengan penggunaan gadget yang sering.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close