fbpx
Kesehatan

Kemenkes Luncurkan Silantor Untuk Cegah Penyakit Melalui Vektor

Parentingsehat.com – Kementerian Keseharan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, meluncurkan sistem yang bisa mencegah terjadinya penularan penyakit melalui vektor. Sistem tersebut diberi nama Silantor atau Sistem Surveilans Vektor.

Silantor mempunyai basis website dan android. Melalui program tersebut, secara teknis tenaga kesehatan di Puskesmas mengumpulkan data vektor pada wilayah kerjanya. Silantor sendiri merupakan sistem yang dikembangkan untuk lebih waspada pada penyakit tular vektor dan zoonotik.

”Kalau hasil survei melalui Silantor ini menunjukkan bahwa vektronya ada dan membahayakan bila terjadi penularan penyakit, maka sebelum timbul penyakit tertentu bisa dilakuan upaya pengendalian vektor,” ungkap Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr. Nadia Tarmizi, M.Epid.

”Analisis data vektor didasarkan pada angka baku mutu di Permenkes 50 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa kalau kepadatan nyamuk melebihi baku mutu yang ada, begitu juga kepadatan lalat, kecoa, dan tikus, dan lain-lain, maka potensi penularan kepada manusia akan lebih besar,” imbuh Nadia

Dengan tahu tentang kepadatan vektor, khususnya pada suatu wilayah, maka akan diketahui pula potensi penyakit yang akan muncul. Sosialisasi Silantor akan dilakukan secepat mungkin pasca lanuching.

”Ini aplikasi lebih ke preventif. Berdasarkan analisis data survei ini akan kita ketahui kondisi vektornya seperti apa, apakah kondisinya berbahaya bagi kesehatan masyarakat atau tidak,” pungkas Nadia.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close