fbpx
Kesehatan

Kemenkes Beri Apresiasi Pada Gerakan Donasi Masker Netizen

Parentingsehat.com – Untuk menghadapi kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla), netizen membuka donasi masker. Sumbangan masker dipakai untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, termasuk juga di Kalimantan Tengah.

Aksi dari warganet tersebut diberi tanggapan positif dari Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengedalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Ahmad Yurianto. Pasalnya, masker menjadi alat perlindungan minimal warga yang bergelut dengan asap.

“Tentu kita sambut baik. Saat ini stok masker di daerah selalu kita pantau. Tiap ada yang lapor kekurangan akan kita kirim. Sampai saat ini belum ada yang melaporkan ada kekurangan masker,” ucap Ahmad kepda detikcom, Sabtu (21/9/2019).

Ahmad menilai, hingga saat ini pemerintah sudah mengalurkan sekitar 2 juta masker ke Kalimantan Tengah. Sementara untuk Riau, yang saat ini juga terdampak asap, pemerintah sudah menyalurkan lebih dari 3,5 juta masker.

Dalam hal ini, Ahmad kembali memberikan himbauan untuk masyarakat supaya selalu menggunakan masker, meski merasa tidak nyaman. Dikarenakan masker dibagikan secara cuma-cuma, jadi jangan hanya disimpan atau ditaruh dalam kantong saja. Pasalnya, masker merupakan perlindungan minimal untuk menghadapi kepungan asap.

“Masker ini harus terus digunakan ya. Jika tidak ingin pakai masker ya jangan keluar rumah supaya tidak terpapar asap,” ucap Ahmad.

Terlepas dari himbauan memakai masker, Ahmad juga memberikan saran bagi warga untuk tidak terlalu sering berada di luar rumah. Khususnya bagi warga yang mempunyai resiko lebih besar terkena dampak buruk kabut asap. Seperti halnya anak di usia sekolah.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close