fbpx
HealthKesehatan

Kemenkes : Bayi Meninggal Di Sumsel Bukan Karena Asap Karhutla

Parentingsehat.com – Seperti yang ramai diberitakan, terdapat seorang bayi berusia empat bulan meninggal diduga karena asap kebakaran hutan dan lahan. Bayi tersebut bermana Elsa Fitaloka asal Banyuasin, Sumatera Selatan. Meninggal lantaran diduga mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Memberikan tanggapan terkait kabar tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan sudah memperoleh laporan secara lengkap. Elsa awal mulanya dibawa ke bidan dengan adanya keluhan panas. Sesak kemudian muncul sebagai akibat dari dampak keluhan pertama.

Pihak kemenkes menyebutkan, sesuai dengan data yang diperoleh, kabar terkait meninggalnya Elsa tidak secara penuh berhubungan dengan asap. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa setelah keluhan tersebut juga dipengaruhi oleh kabut asap.

“Sesuai diagnosa yang dibangun di lapangan, ini tidak ada hubungan langsung dengan asap. Awalnya dibawa ke bidan, kemudian puskesmas, lalu ke rumah sakit pratama,” ungkap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Anung Sugihantono, Selasa (17/9/2019).

Dalam hal ini, Elsa selanjutnya dirujuk pada Rumah Sakit Ar-Rasyid, Palembang, lantaran membutuhkan penanganan lebih lanjutan untuk Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa Elsa sudah meninggal sebelum memperoleh penanganan dari PICU rumah sakit yang menjadi rujukan.

Menindak lanjuti, Anung menilai bahwa penanganan sudah sesuai standar untuk pasien penyakit pernapasan. Asap kahutla mungkin bisa menjadi pemicu. Akan tetapi, penanganan sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan. Standar yang sama juga berlaku untuk pasien dengan gejala gangguan ISPA atau Infeksi pneumonia.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close