fbpx
Kesehatan

Kahutla Riau, Rumah Sakit Wajib Layani Pasien ISPA Secara Gratis

Parentingsehat.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadikan kualitas udara di Riau masuk pada kategori berbahaya. Sebagai dampaknya, ratusan ribu warga menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Untuk menerapkan penanganan, pemerintah menjadikan Puskesma sebagai posko kesehatan serta melakukan siaga hingga 24 jam penuh. Bahkan, rumah sakit pemerintah dan swasta pun diwajibkan untuk melayani penderita ISPA tanpa memungut biaya.

“Masyarakat yang terdampak dengan karhutla, wajib rumah sakit tangani tanpa memungut biaya satu rupiah pun juga,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, di Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Riau, seperti dikuti dari Suara.com, Sabtu (14/9/2019).

Beberapa organisasi profesi dan komunitas peduli kesehatan juga ikut serta dalam berkontribusi secara langsung untuk membagikan masker pada masyarakat. Pembagian masker tersebut juga dilengkapi dengan edukasi kepada masyarakat terkait ISPA.

“Jika harus keluar ruangan harus pakai masker. Dan untuk menghindari iritasi mata, gunakan kacamata. Cegah iritasi kulit pakai baju lengan panjang,” tegas Mimi.

Edy Natar Nasution selaku Wakil Gubernur Provinsi Riau, memberikan himbauan kepada 15 kepala kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk melakukan kesiapsiagaan kesehatan pada wilayah masing-masing. Himbauan tersebut disampaikan melalui rapat koordinasi yang dilaksanakan hari Sabtu (14/9/2019).

“Bahkan hari ini Satgas Kesehatan mengoperasikan tiga ambulan yang siap sewaktu-waktu ditelepon nomernya 119 selama 24 jam,” jelas Edy.

Berdasar pada catatan dinas kesehatan, terjadi peningkatan kunjungan pada fasilitas kesehatan dengan kasus ISPA.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close