fbpx
Kesehatan

Jenis Buah Yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Sakit Maag

Parentingsehat.com – Bagi penderita sakit lambung dan pencernaan lainnya, terkadang harus lebih pandai dalam memilih jenis makanan yang patut untuk dikonsumsi. Supaya bisa memperbaiki rasa sakit dari asam lambung, bisa dengan menghindari makanan atau minuman yang bisa meningkatkan keasaman lambung tersebut.

“Ketika seseorang mengalami sakit maag, hindari makanan yang pedas dan asam. Selain itu, untuk minuman, jangan yang berkafein, soda dan alkohol. Termasuk buah yang asam,” ungkap Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, seperti dilansir dari detikHealth belum lama ini.

“Buah yang perlu dihindari adalah buah yang asam seperti mangga muda, kedondong muda, strawberry dan yang bergas tinggi seperti nangka,” paparnya.

Lebih lanjut, dr Helmin juga menjelaskan bahwa buah-buahan yang mengandung rasa asam mampu meningkatkan keasaman pada lambung. Untuk menjaga pencernaan supaya terhindari dari maag, maka perlu dijaga frekwensi serta waktu makan diatur dengan lebih baik. Tujuannya ialah supaya ada ritme yang stabil dan tidak mengacaukan fungsi pencernaan.

“Untuk buah yang asam sebaiknya dihindari terutama saat perut kosong. Sebangkan buah-buahan yang manis dapat dikonsumsi kapan saja termasuk saat perut kosong,” lanjutnya.

“Makan teratur dan tidak membiarkan lambung kosong dalam jangka waktu lama akan membantu lambung lebih sehat, dan dapat mencegah terjadinya sakit maag,” tandas dr Helmin

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close