fbpx
Kesehatan

Jawaban Dokter Terkait Rambut Uban Di Usia Muda

Parentingsehat.com – Pada zaman yang sudah serba instan seperti sekarang, banyak keluhan kesehatan yang terkadang menjadi topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan. Salah satunya ialah mengenai rambut uban di usia muda. Mengenai hal tersebut, ada beberapa dokter yang memang memberikan jawaban. Seperti apa?

Menurut yang dilansir dari klikdokter, ada pemuda yang bertanya mengenai rambut berubah warna di usianya yang masih muda. Ia ingin tahu apakah hal tersebut lantaran dampak dari penyakit serta cara untuk menyelesaikannya.

“Hallo dok, saya mau tanya Apakah wajar anak laki2 umur 21 sudah ada rambut putih dikepala? Apakah itu sebuah penyakit ? Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih” tanya pemuda tersebut.

Pertanyaan tersebut direspon oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, ia menuturkan bahwa rambut beruban bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

“Sebagian besar rambut beruban dini dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jadi perlu diketahui apakah terdapat riwayat beruban dini pada orangtua atau saudara. Bila penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12 atau hipotiroidisme maka dapat ditemukan gejala-gejala lain yang berhubungan dengan keadaan-keadaan tersebut.” Jawab dr. Astrid dilansir dari klikdokter.

“Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia (hemoglobin darah rendah), sehingga gejalanya mencakup terlihat pucat, lemah. Gejala hipotiroidisme mencakup lemah, peningkatan berat badan. frekuensi nadi menurun, dll. Jadi, bila tidak ada gejala-gejala lain, rambut beruban dini kemungkinan besar dipengaruhi faktor genetik.” imbuhnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close