fbpx
Balita dan AnakKehamilan

Jarak Kehamilan Terlalu Dekat Picu Gangguan Emosional Pada Anak

Parentingsehat.com – Waktu atau jarak kehamilan yang terlalu dekat, dinilai bisa menjadi pemicu adanya gangguan emosional pada anak. Pasalnya, dari sisi kesehatan hal tersebut tidak dianjurkan, pasalnya mempunyai resiko untuk membuat tumbuh kembang anak tidak maksimal.

Dijelaskan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (NKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG, ada pula resiko jarak kehamilan yang terlalu dekat. yaitu menjadikan anak lebih rentan mengalami gangguan emosional.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan mengenai hasil Riset Kesehatan Dasar 2018, menunjukkan bahwa prevalensi gangguan emosional dan mental di Indonesia berada pada angka 8,1 persen. Ia juga yakin, salah satu faktornya ialah dipicu jarak kehamilan yang terlalu dekat.

“Tiap 100 orang di Indonesia, gara-gara hamilnya jaraknya dekat, delapan orang anaknya agak error sedikit karena gangguan mental emosional,” jelas Hasto, seperti yang dilansir dari Antara.

Ia juga menjelaskan beberapa contoh dari gangguan mental emosional yang biasa terjadi. Seperti halnya kleptomania, megalomania, anxiety, dan kelainan seksual voyeurisme.

Gangguan tersebut, jelas Hasto, selalu menunggulkan diri sendiri dan tidak mau kalah dari yang lain. “Kalau cerita tentang dirinya, dirinya paling benar sendiri. Semua diceritakan pada orang lain bahwa dirinya paling hebat,” imbuh Hasto.

Hasto menyarankan, jika memang ingin mempunyai keturunan yang baik dan lebih unggul. Akan lebih baik jika menjaga jarak kehamilan. “Untuk menghasilkan produk manusia unggul dipengaruhi dari jarak kehamilan satu dengan yang lain,” tandasnya..

Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close