fbpx
Kesehatan

Jangan Pernah Menganggap Sepele Masalah Mata Kering

Parentingsehat.com – Gaya hidup dan juga kondisi kualitas udara pada lingkungan masyarakat saat ini bisa memicu adanya masalah mata. Seperti halnya kebiasaan menggunakan gadget, menatap layar terlalu lama, dan hal lain yang menjadi pemicunya.

Pada dasarnya, masalah mata kering sering dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, jika tidak segera ditangani bisa memicu kerusakan secara permanen pada mata.

“Kalau nggak segera ditangani, bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup karena mata jadi cepat capek dan ketergantungan obat tetes. Mata kering juga menyebabkan kerusakan permukaan mata dan menyebabkan peradangan atau infeksi permanen kalau dibiarkan,” ungkap Nina Asrini Noor, yang merupakan seorang dokter mata.

Sedangkan untuk gejala mata kering, ditandai dengan beberapa hal, seperti halnya terasa ada yang mengganjal dalam mata, sering merah, mata panas, berair, dan juga terasa kering. Termasuk juga pada saat muncul kotoran mata yang lengket.

“Biasanya mata kering juga ditandai dengan mata yang mudah lelah dan sensitif sama cahaya, jadi gampang silau. Dan mata kering juga membuat fokus mata lama-lama menurun,” ucap dr. Nina.

“Salah satu faktornya memang karena aktivitas visual di mana sangat high attention dengan gadget atau menyetir lama. Faktor berkedip sangat penting untuk menjaga air dan permukaan mata. Karena pasti kita lupa berkedip dan kedipannya nggak complete,” imbuhnya.

“Bisa juga memakai obat tetes mata atau berkonsultasi ke dokter supaya mata tetap steril, ternutrisi dan permukaannya tetap rata serta penglihatannya tetap baik,” pungkasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close