fbpx
Kesehatan

Hasil Studi Sebut Pemakaian Gadget Di Malam Hari Tidak Ganggu Kualitas Tidur

Parentingsehat.com – Beberapa dari ahli mempunyai klaim bahwa penggunaan gadget seperti ponsel ataupun tablet, khususnya sebelum tidur tidak akan menganggu kualitas tidur seseorang. Profesor Universitas Oxford, Russell Foster menilai, informasi mengenai cahaya layar yang berbahaya serta bisa mengganggu jam tidur itu terlalu berlebihan.

“Jika seseorang begadang semalaman di depan layar yang paling terang, mungkin akan menyebabkan sesuatu. Tapi untuk sebagian orang, hal itu tidak memberikan efek yang besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, profesor Russell juga menyebut, ia sangat yakin jika kualitas tidur seseorang akan terganggu karena terlalu lelah. Pasca penggunaan gadget secara berlebihan, bukan karena cahaya layar yang menjadi penyebabnya.

“Dalam kasus tersebut bukan karena efek cahaya layarnya, tetapi lama penggunaan gadget tersebut,” paparnya.

Seperti yang dikutip dari The Sun, profesor Russell menjelaskan bahwa butuh waktu yang sangat lama untuk cahaya bisa mengganggu ritme sikadian yang mengatur pola tidur seseorang.

“Contoh cahaya senja membuat seseorang untuk ingin segera tidur, sedangkan cahaya di pagi hari membuat seseorang ingin bangun tidur lebih awal,” ucapnya.

Profesor Russell juga menjelaskan, untuk cahaya dari gadget yang diklaim bisa menjadikan kualitas tidur terganggu, mungkin hanya mempunyai dampak sangat kecil. Ia menyebut, kualitas tidur bisa terganggu apabila ponsel atau gadget lainnya diletakkan tepat di samping tempat tidur.

“Ini hanya mempengaruhi sedikit durasi tidur seseorang hingga menyebabkannya bangun dengan keadaan lelah,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close