fbpx
Kesehatan

Hasil Riset Menyebut Terlalu Ganteng Bikin Sulit Cari Kerja

Parentingsehat.com – Hidup didunia terasa lebih mudah untuk orang yang mempunyai tampang cantik dan ganteng. Hal tersebut diambil dari pemahaman lama yang diketahui banyak orang. Namun, pada sebuah studi yang dilakukan oleh London Business School, memberikan bukti yang ternyata berbanding terbalik.

Diukur dari ketampanan, semakin ganteng seorang pria, semakin besar pula resiko karirnya akan terancam. Menurut dari hasil studi tersebut, mempunyai paras ganteng dianggap sebagai ancaman oleh atasan pria mereka. Serta juga akan mempunyai resiko dikurangi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka.

London Businnes School yang juga berkolaborsi dengan peneliti dari university of Maryland, mengumpulkan eksperimen dari empat kantor yang berbeda di Amerika Serikat dan Inggris. Seperti dikutip dari Men’s Health, ketika seorang pria akan mempekerjakan pria lainnya, maka keputusan mereka akan bergantung pada seberapa menarik kandidat tersebut serta jenis pekerjaannya.

Bisa disimpulkan, pria yang mempunyai penampilan menarik akan sangat dimungkinkan akan ditolak untuk peran yang membutuhkan bakat individual. Sebagai contoh ialah sales atau investmen banking serta justru malah akan diarahkan pada posisi yang tidak terlalu penting. Mereka juga mempunyai kemungkinan besar akan bekerja dengan peran dimana performa tim yang dihitung.

“Dengan banyak perusahaan yang melibatkan karyawan dalam proses rekrutmen, poin penting ini harus diperhatikan. Kesadaran bahwa perekrutan dipengaruhi oleh hubungan kerja potensial dan kecenderungan stereotip dapat membantu organisasi meningkatkan proses seleksi mereka,” ungkap Prof Sun Young Lee, selaku ketua peneliti dari University of Maryland.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close