fbpx
Kesehatan

Gorden Tipis Yang Dibasahi Juga Ampuh Untuk Saring Asap

Parentingsehat.com – Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan saran untuk menggunakan dakron basah sebagai langkah untuk menyaring udara dari asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Diungkap oleh Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Ahmad Yurianto, upaya tersebut sudah dilakukan ketika kasus yang sama pada tahun 2015 lalu, serta sangat efektif untuk menurunkan kadar polutan di dalam ruangan.

Lebih lanjut, dr Yuri juga menyebut, apabila tidak mempunyai dakron, maka terdapat alternatif yang cuku mudah dan murah yang bisa dipakai untuk penyaring udara sementara.

“Kalau kain biasa itu terlalu padat ya. Pakai fitrase, kain gorden tipis yang transparan bisa,” jelasnya, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (18/9/2019).

Meski begitu, pori-pori pada kain cenderung lebih besar, sehingga hasil yang diperoleh mungkin tidak sebesar dengan menggunakan dakron basah. Akan tetapi, cukup baik untuk dipergunakan dalam jangka waktu singkat.

“Tapi karena pori-porinya lebih gede daripada dakron jadi hasilnya tidak terlalu bagus. Tapi itu bisa signifikan mengurangi,” paparnya.

Meski ada alternatif lain, dr Yuri tetap berharap agar masyarakat lebih memilih dakron sebagai upaya untuk menghindari paparan polusi akibat cemaran asap karthuta di dalam ruangan. Pasalnya, ia yakin penerapan implementasi lebih mudah dan harganya juga relatif terjangkau. Sehingga dalam hal ini bisa dipergunakan oleh siapa saja.

“Jadinya kita bisa membuat ruang aman asap di rumah sendiri. Nggak usah ngungsi ke mana-mana,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close