fbpx
Kesehatan

Glaukoma Dan Penjelasan Fungsi Penutup Mata Thareq Habibie

Parentingsehat.com – Pada akhirnya Thareq Habibie menjelskan tentang penutup mata kanan yang membuat penasaran banyak orang. Dalam hal ini, Thareq mengalami gangguan mata sejak 3,5 tahun yang lalu serta bisa melihat lebih baik dengan menutup salah satunya.

“Sekarang once and for all, saya jelasin di depan TV bahwa saya itu kan sebetulnya diabetes. Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Kalau tekanannya membesar, ini mata kiri saya masih bagus, tekanannya kira-kira 13. Mata sini udah 25,” jelasThareq seperti yang dilansir dari detikcom.

Jika dilihat sekilas, penutup mata Thareq persis dengan bajak laut, dengan warna hitam dan pengikat kepala. Hal tersebut manjadikan penutup mata Thareq berbeda dengan yang digunakan oleh pasien pasca operasi.

“Untuk kasus pasien yang memakai penutup mata seperti bajak laut, umumnya dipakai dalam jangka waktu lama. Penggunaannya sampai gangguan matanya bisa diatasi sehingga tampak seperti keadaan bola mata orang pada umumnya,” jelas dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya, dr Florence Meilani Manurung, SpM.

Pada dasarnya, penutup mata seperti yang dipakai Thareq habibie bukanlah barang yang asing pada dunia medis. Untuk beberapa kondisi gangguan penglihatan, memang disyaratkan untuk menggunakan penutup mata, atau bisa juga disebut dengan eye patch.

“Bentuk eye patch macam-macam. Bisa seperti plester yang menutup mata atau kain atau kulit dengan tali atau sling. Pak Thareq sepertinya pakai yang berbahan kain atau kulit,” ungkap dokter ahli kesehatan mata dr Gitalisa Andayani, SpM(K), dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close