fbpx
Kesehatan

Faktor Penyebab Gagal Jantung Pada Pasien Lansia

Parentingsehat.com – Menurut yang diberitakan, gagal jantung disebut sebagai faktor penyebab meninggalnya BJ Habibie. Sebenarnya, gagal jantung sendiri merupakan fase akhir dari beberapa jenis penyakit jantung.

Hal tersebut bisa saja dialami oleh seseorang, semua tergantung dengan seberapa lama serta seberapa parah penyakit jantung si pasien. Seseorang yang mempunyai riwayat serangan jantung berat, maka bisa jadi lebih cepat mengalami gagal jantung.

“Kalau orang yang punya hipertensi, dia butuh waktu (sampai gagal jantung). Bisa 5 tahunan, 10 tahunan,” jelas dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, seperti dilansir dari detikcom, Kamis (12/9/2019).

Gagal jantung bisa juga datang lantaran komplikasi penyakit lainnya. Beberapa penyakit tersebut mencakup anemia heart disease, thyroid heart disease, serta terdapat pula yang terjadi tanpa sebab.

“Untuk yang enggak ada sebabnya, ya pengobatannya jadi yang untuk gagal jantung. Biasanya terkontrol. Aktivitas sehari-hari bisa, tapi olahraga berat ya pasti enggak sanggup,” lanjut dr Vito.

Pada pasien lansia, langkah pencegahan masih tetap bisa diterapkan. Sebagai contoh, dengan rajin olahraga ringan, seperti halnya jalan atau berenang. Akan tetapi, harus dilakukan secara rutin paling tidak selama 30 menit setiap hari. Serta tidak lupa pula untuk melakukan check up ke dokter.

Pada dasarnya, orang yang sudah berusia lanjut yang tidak punya faktor resiko seperti hipertensi, merokok, ataupun diabetes, sangat kecil adanya kemungkinan mendapat sakit jantung. Hal tersebut juga didukung dengan menjaga pola hidup yang baik pada usia yang sudah senja.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close