fbpx
Kesehatan

Fakta Dibalik Kulit Gelap Yang Dianggap Lebih Aman Dari Kanker Kulit

Parentingsehat.com – Dr. Jenna Lester selaku dokter kulit di University of California, San Francisco (UCSF), menjelaskan ungkapan umum yang menyebutkan tentang ‘hitam takkan retak’. Hal tersebut mengartikan bahwa kulit gelap akan lebih aman dari paparan sinar matahari, tidak mudah mengalami keriput pada kulit, serta tidak butuh penggunaan tabir surya.

“Jika kulit yang kalian miliki kaya akan melanin mungkin tidak apa, tapi sebenarnya semua itu tidak benar,” jelas dr Lester.

Sedangkan faktanya, jika terlalu banyak terpapar sinar matahari, maka bisa menyebabkan masalah umum. Tidak terkecuali bagi orang yang mempunyai kulit gelap. Pasalnya, kulit gelap yang tidak terlindung dari sinar UV bisa juga menyebabkan kanker kulit.

“Melanoma merupakan bentuk kanker kulit yang paling berbahaya. Kanker ini memang kurang umum dikalangan orang dengan warna kulit yang lainnya. Tapi, tingkat kematian yang disebabkannya jauh lebih tinggi,” ungkap dr Lester seperti dikutip dari Medicinenet.

Lebih lanjut, Dr.Lester juga menyebut bahwa tahun lalu dirinya membuka klinik yang dikhususkan untuk menangani pasien dengan kulit berwarna.

“Tahun lalu, saya membuka klinik UCSF Skin of Color yaitu salah satu klinik di AS yang khusus menangani pasien dengan kulit berwarna. Saat pasien masuk ke ruangan, mereka mengatakan sebelumnya belum pernah memiliki dokter kulit hitam sebelumnya,” imbuhnya.

“Ini menandakan mereka juga nyaman dan bisa berkonsultasi tanpa saya harus mengatakan hal apapun pada mereka,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close