fbpx
Kesehatan

Durasi Yang Tepat Penggunaan Sanitizer Untuk Mencegah Flu

Parentingsehat.com – Pada saat bersin, secara spontan tangan akan menutupi bagian hidung dan mulut. Kedua bagian tersebut pada akhirnya dipenuhi banyak bakteri. Diperoleh dari studi terbaru, sanitizer tidak cukup efektif untuk menghilangkan kuman tanpa durasi yang tepat.

Dijelaskan oleh peneliti Jepang, mengungkap bahwa lendir basah yang dihasilkan dari orang terinfeksi influenza A pada ujung jari perlu berhati-hati meski tampak bersih. Etanol tidak bisa membunuh virus flu, bahkan pada saat sanitizer tertingal pada jadi selama dua menit pengaplikasian. Butuh setidaknya empat menit untuk sepenuhnya menonaktifkan sehingga tidak menular.

Dari hasil penelitian terbaru tersebut, berbeda cukup banyak dari penelitan sebelumnya. Studi yang lama menunjukkan desinfektan dengan basis etanol cukup efektif terhadap penyebaran kuman

“Dalam penelitian kami pembersih tangan bekerja sangat baik dibandingkan dengan sabun dan air,” ucap ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Arizona Dr. Charles Gerba, seperti dikutip dari CNN, Selasa (24/9/2019).

Pernyataan tersebut muncul dari hasil survei yang sudah dilakukan. Hasilnya menampilkan seseorang yang hanya mencuci tangan tidak lebih dari 11 detik saja, serta itu mempunyai durasi yang sangat kurang guna membunuh kuman.

“Efek menggosok tangan dengan antiseptik pada lendir menular mungkin lebih tinggi dari hasil penelitian. Kami sedang memverifikasi signifikansi ilmiah dari tindakan menggosok tangan untuk mengusulkan rejimen terbaik,” ungkap Ahli gastroenterologi molekuler di Kyoto Prefectural University of Medicine di Jepang.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close