fbpx
KesehatanTrending

Dokter : Hoax Makan Cokelat Setelah Mie Bisa Meninggal

Parentingsehat.com – Viral kabar melalui pesan berantai seorang wanita mendadak meninggal dengan kelima panca inderanya mengeluarkan darah. Pada pesan yang beredar, hal tersebut terjadi lantaran wanita tersebut makan cokelat pasca makan mie goreng.

“Mie itu mengandung Arsenic Pentoxide dan berhubung abis makan mie wanita itu makan coklat, terjadilah reaksi kimia dalam perut yang membuat Arsenic Pentoxide ini berubah menjadi Arsenic Trioxide yang sangat beracun,” isi pesan edaran tersebut.

Bagi kalangan orang yang malas mencari informasi, mungkin kabar tersebut akan ditelan mentah-mentah. Terlebih lagi, informasi tersebut diakhiri juga dengan tulisan ‘Info Kesehatan KemenKes RI’, seolah-olah bersumber resmi serta bisa dipercaya.

Dikatakan oleh dr Imran Agus Nurali, SpKO, Direktur Kesehatan Lingkungan, Ditjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, informasi tersebut belum bisa ia verifikasi. Pasalnya, hingga saat ini ia belum mendengar informasi tersebut dari Kemenkes.

“Kalau ada informasi keracunan makanan biasanya saya pasti dapat infonya melalui WA, nah ini saya sih belum dapat infonya sampai sekarang. Sampai saat ini sih bisa dikatakan informasi tersebut belum terverifikasi,” ungkap dr. Iman seperti dilansir dari detikcom, Selasa (17/9/2019).

Setelah ditelusuri lebih jauh, informasi yang sama juga sempat beredar pada tahun 2017. Kala itu, wartawan detikHealth melakukan wawancara pada ahli gizi, Leona Victoria Djajadi, MND, Master of Nutrition and Dietetics dari University of Sydney membahas tentang kebenaran informasi tersebut.

Ditegaskan oleh Victoria, informasi tersebut merupakan hoax, tidak benar jika disebutkan makan cokelat setelah makan mie bisa memicu keracunan, apalagi sampai meninggal. Ia menilai, efek samping yang muncul lebih terarah pada obesitas. Pasalnya, mie dan cokelat mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close