fbpx
Kesehatan

Dokter Himbau Warga Terdampak Asap Untuk Periksa Kesehatan

Parentingsehat.com – Dokter spesialis paru memberikan peringatan supaya warga yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan (kahutla), segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh satuan dokter dari Pehimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI). Pasalnya, mereka khawatir kesehatan warga akan semakin buruk akibat menghirup asap kahutla.

Ditekankan oleh dr Feni Fitriani Sp.P(K) selaku Ketua Pokja Paru dan Lingkungan Pehimpunan Paru Indonesia (PDPI), warga bisa memperhatikan kondisi tubuh yang menurun serta segera berobat sebelum semakin parah.

Lebih lanjut, dr Feni juga mengingatkan supaya masyarakat mengetahui ciri kondisi tubuh yang mulai menurun. Yakni mata dan hidung perih dan berarir, tenggorokan tidak nyaman, serta batuk dan bersin.

“Kalau itu berlanjut terus menerus segera ke fasilitas kesehatan, apalagi kalau mulai disertai demam batuk berdahak, dahak kental kekuningan atau kehijauan itu sudah tanda-tanda infeksi,” jelas Feni, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (13/9), seperti dilansir dari Antara.

Dijelaskan pula, asap akibat kebakaran hutan dan lahan mengandung bebeapa gas berbahaya seperti sulfur dioksida (SO), karbondioksida (CO), Nitrogen (NO2), dan Ozon Permukaan (O3).

Apabila seseorang terpapar asap kahutla dengan durasi jangka waktu lama, khususnya jika kandungan CO yang tinggi, maka bisa menyebabkan keracunan serta membuat darah kekurangan oksigen. Hal ini yang nantinya akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mungkin saja pingsan.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close