fbpx
BayiNutrition

Dokter : Gak Bener Jika Bayi Diberi Kopi Untuk Gantikan ASI

Parentingsehat.com – Beberapa waktu yang lalu, terdapat pasangan suami istri asal Polewali Mandar yang mampu menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, mereka memberikan kopi pada anaknya yang berusia dibawah dua tahun, dan mengaku diberi kopi sejak umum 6 bulan dikarenakan tidak punya uang untuk membeli susu.

Untuk memberikan tanggapan akan hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek menyabut bahwa kejaidan tersebut terjadi lantaran kurangnya pengatahuan mengenai pola asuh yang benar. Bukan tidak mungkin jika kejadian tersebut akan dialami oleh banyak anak lainnya.

“Ibunya cukup gemuk cukup sehat kok dikasih kopi. Kasihnya kopi karena bilangnya nggak punya uang. Kasih kopi bilangnya karena nggak suka susu. Nggak bener itu,” ungkap Menkes ketika dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan Jl HR Rasuna Said, Jumat (20/9/2019).

Dalam hal ini, perempuan diberikan berkah oleh ASI, jika seseorang tidak punya uang untuk beli susu, maka ASi sangat bisa diberikan kepada anak apalagi yang masih berusia dibawah 2 tahun.

“Dia bisa kasih anaknya ASI sampai umur 2 tahun. Tuhan berikan ASI kepada perempuan. Ada tujuannya. Jadi penting sekali jika kita memberikan pola asuh kepada semua orang bahwa ASI itu baik sekali,” imbuhnya.

Sedangkan untuk sbelumnya, dokter spesialis anak, dr Meta Hanindita, SpA, menjelaskan bahw apemberian kopi pada anak menjadikan kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi. Hal tersebut bisa saja menyebabkan anak gagal tumbuh dan tentunya gizi buruk.

“Yang jelas susu itu nggak ada gantinya,” tambah dr Meta.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close