fbpx
Kesehatan

Dinkes DKI : Tidak Layak Halte Tanah Abang Jadi Warung Makan

Parentingsehat.com – Halte bus yang berada di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Barat saat ini sudah berubah fungsi. Pasalnya, halte tersebut berubah menjadi warung makan yang dikelola oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL).

Menurut yang dilansir dari detikcom, tindakan pengawasan fasilitas umum yang begitu lemah, menjadikan halte terbengkalai, dan kemudian diubah menjadi warung makan oleh para PKL. Tampak ada piring dan gelas yang diletakkan pada area halte.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan kesehatan Olahraga Dinas Provinsi DKI Jakarta, Rimasnaadji, ikut memberikan komentar. Ia menilai bahwa dari segi higiene sanitasi pangan, warung makan tersebut tidaklah layak. Maka dari itu, sudah seharusnya jika segera dilakukan penertiban.

“Jelas ini tidak layak ya. Untuk pedagang kaki lima di lokasi sementara itu, memang dari sisi aspek kesehatan tidak memenuhi standar. Harusnya pemerintah dalam hal ini biasanya walikota atau gubernur melakukan penertiban, tentunya dengan koordinasi dengan kecamatan dan kelurahan,” tegasnya, Selasa (17/9/2019).

Seperti yang diketahui, salah satu standar higiene sanitasi pangan ialah dengan melihat tempat yang layak. Dalam hal ini, termasuk juga dari lokasi tempat makan yang jauh dari sumber pencemar yang sejatinya dekat dengan jalanan. Pangan yang tidak aman, mampu memicu infeksi, keracunan, diare ringan, atau bahkan hingga kematian pada kasus-kasus yang berat.

Dalam hal ini Aji memberikan pesan, khususnya bagi masyarakat untuk lebih cerdas dalam memilah dan memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi. Ia menilai, mindset masyarakat harus diubah. Salah satunya dengan jangan asal memilih makanan murah dan kenyang di pinggir jalan.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close