fbpx
Balita dan Anak

Dengan Tidak Adanya Kasus Baru, Wabah Campak Di AS Sudah Reda

Parentingsehat.com – Dalam 27 tahun epidemi campak terburuk di Amerika saat ini sudah masuk pada tahap akhir lantaran tidak ada laporan terkait kasus baru dalam satu pekan terakhir.

“Tidak ada kasus lagi sangatlah menggembirakan,” ungkap Jason Schwartz, pakar kebijakan vaksinasi pada Yale University.

Dimulai sekitar satu tahun lalu, epidemi campak di Amerika mencapai puncak awal tahun ini. Dengan sebagian besar kasus dilaporkan pada komunitas yahudi Ortodoks di, dan pada sekitar New York City.

Epidemi tersebut berawal dari orang Amerika yang bepergian ke luar negeri dan kemudian tertular campak. Ia kemudian dengan cepat menularkan penyakit tersebut pada kalangan orang yang tidak divaksinasi.

Untuk musim semi lalu, tepatnya mulai akhir Maret hingga akhir Juni, terdapat 70 lebih kasus baru yang dilaporkan setiap minggu. Dan belum lama ini, Amerika mencatat banyak kasus campak pada setahun penuh.

Dilaporkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika – Center for Disease Control and Prevention (CDC) hari Senin. Untuk sejauh tahun ini, sudah dikukuhkan ada 1.241 kasus. Jumlah tersebut pada minggu lau diketahui tidak bertambah. Dan untuk terakhir kali, CDC melaporkan tidak ada kasus campak baru setelah 11 bulan lalu.

Dalam hal ini, para pejabat New York memberikan tanggapan terkait ledakan kasus campak dengan beberapa tindakan. Termasuk juga dalam kampanye pendidikan untuk melawan informasi yang salah. Tepatnya tentang vaksin serta menerapkan denda bagi orang yang tidak memperoleh vaksinasi.

Kalau Amerika kehilangan status eliminasi, ini bisa memengaruhi kampanye vaksinasi campak di negara-negara lain, ungkap Dr. William Schaffner, pakar vaksin dari Vanderbilt University.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close