fbpx
Kesehatan

Cara Makan Enak Tapi Jantung Tetap Sehat

Parentingsehat.com – Ada begitu banyak jenis makanan disekitar kita akan tetapi bisa saja menjadi penyebab kolesterol tinggi. Bahkan bisa dikatakan sangat berbahaya utnuk jantung. Seperti yang dijelaskan Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, makanan enak memang selalu identik dengan makanan berlemak. Hal tersebut lantaran lemak bisa memberikan rasa enak dibanding dengan makanan yang mengandung protein.

“Tapi makanan berlemak ini juga identik dengan peningkatan kolesterol dalam darah yang tidak bagus buat pembuluh darah terutama pembuluh darah otak dan jantung,” ungkap dr Muliaman dilansir dari DetikHealth, Jumat (13/9/2019).

Maka dari itu, dr Muliaman menyebut bahwa cara paling  udah ialah dengan mengatur pola makan. Ia menilai kolesterol memang dibutuhkan tubuh, jadi tidak semua makanan enak mempunyai sifat jahat. Yang perlu diwaspadai ialah gaji lemak pada daging merah, jeroan, dan jenis makanan yang mengandung santan serta berminyak seperti mayonaise, mentega, tiram, kepiting, dan gorengan.

“Sementara makanan yang mengandung kolesterol baik seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan salmon,” paparnya.

“Kadar Kolesterol yang dianjurkan dalam darah adalah kecil dari 200 mg/dl, LDL kecil dari 100 mg/dl dan HDL lebih dari 40-50 mg/dl. Semua makanan yang diatas terutama yang kolesterol jahat tentu masih bisa dikonsumsi tapi dalam jumlah yang dibatasi jangan terlalu lama,” jelasnya.

“Cara kerjanya adalah karena PSE ini molekulnya mirip sekali dengan kolesterol maka dia akan berkompetisi dengan kolesterol di usus sebelum di serap. PSE ini akan mengganggu penyerapan kolesterol jahat di usus. Jadi kita tetap bisa makan makanan enak dengan penambahan kolesterol setelah makan,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close