fbpx
Bayi

Cara Aman Menyusui Bayi Yang Sedang Alergi Makanan

Parentingsehat.com – Mengurus anak yang sedang mengalami alergi tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, jika salah dalam memilih makanan, maka alergi anak bisa langsung kambuh.

Dalam hal ini, kalangan ibu tidak perlu khawatir, apalagi merasa cemas secara berlebihan. Dilansir dari Web MD, terdapat sebuah studi yang merilis jika menyusui eksklusif setidaknya empat bulan, bisa membantu mencegah resiko asma, eksim, serta alergi makanan pada bayi yang beresiko tinggi.

Penulis studi, Scott H, Sicherer, MD, menjelaskan, jika terdapat riawayat keluarga dengan masalah alergi, maka sangat jelas bahwa ibu diharuskan menyusui secara eksklusif selama paling tidak empat bulan.

“Jika itu tidak mungkin dilakukan dan susu formula pada akhirnya menjadi pilihan, jangan memilih susu kedelai yang typical,” jelasnya.

Dikutip dari Chop.edu, bayi yang alergi terhadap makanan tentu akan menjadikan ibu menjadi bingung, apakah ia harus tetap menyusui atau tidak. Namun, perlu diketahui, jawaban yang tepat pada kasus ini adalah iya.

Bahkan, bagi bayi yang belum pernah diberikan susu formula, serta belum pernah makan selain ASI, bisa menunjukkan tanda alergi makanan. Termasuk diantaranya ialah diare, tinja berdarah, muntah, kolik, eksim, sembelit, serta pertumbuhan yang semakin buruk.

Tidak ada rekomendasi untuk bisa menghindari makanan apapun ketika ibu sedang menyusui. Tepatnya untuk mencegah terjadinya bayi alergi. Pembatasan etrsebut hanya direkomendasikan bagi bayi yang disusui serta menunjukkan gejala alergi.

Dalam hal ini, lebih tepatnya saran yang bagus ialah dengan lebih selektif dalam memilih asupan nutrisi. Selektif yang dimaksud ialah jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu selama masih menyusui.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close