fbpx
Kesehatan

Cara Aman Berolahraga Di Tengah Kepungan Kabut Asap

Parentingsehat.com – Kabut asap yang terjadi pada beberapa wilayah di Indonesia sudah menyebabkan masyarakat sangat sulit untuk menjalani aktivitas. Khususnya bagi mereka yang mempunyai aktivitas di luar ruangan seperti halnya berolahraga.

Meski kabut asap tengah mengepung, masyarakat tetap bisa menjalani olahraga dengan sehat. Yang perlu dipertimbangkan ialah, olahraga tersebut dilakukan didalam ruang, yang artinya tidak bisa dilakukan di luar rumah.

Dijelaskan oleh dokter spesialis kedokteran olajraga, Hario Tilarso, jika ingin tetap berolahraga pada saat kabut asap yang sedang tampak pekat diluar ruangan, maka bisa dilakukan dalam ruangan.

“Kalau mau tetap olahraga bisa kok olahraga indoor, bukan di outdoor. Banyak sekali olahraga yang dilakukan, salah satunya nge-gym. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam alat-alat olahraga di dalam gym. Cara ini tetap bisa membuat Anda sehat,” ucap Hario seperti dilansir dari Health Liputan6.com.

“Saat olahraga kita butuh banyak oksigen (untuk membantu lancarkan aliran darah). Di lingkungan yang penuh kabut asap, udara beracun (yang lebih banyak kadar karbon dioksida) dan partikel berbahaya bisa terhirup. Sangat tidak efisien berolahraga di luar ruang meski pakai masker sekalipun. Karena olahraga tetap butuh oksigen,” imbuhnya.

Dilansir dari laman Livestrong, suhu ideal untuk berolahraga dalam ruangan ialah antara 20 hingga 22 derajat Celcius.

“Jika Anda berolahraga di dalam ruangan, usahakan suhu udara dalam kisaran 20 dan 22 derajat Celcius. Suhu tersebut termasuk suhu optimal bagi kebanyakan orang untuk olahraga indoor,” ungkap ahli fisiologi olahraga dan direktur kebugaran Duke University Diet and Fitness Center, Gerald Endress.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close