fbpx
Balita dan Anak

Bukan Hanya Anak, Orangtua Juga Bisa Stres Pada Hari Pertama Sekolah

Parentingsehat.com – Bukan Hanya Anak, Orangtua Juga Bisa Stres Pada Hari Pertama Sekolah. Pasalnya, setiap hari Senin, bagi kebanyakan orang tua merupakan hari yang berat. Hal tersebut lantaran akan memulai aktivitas pasca akhir pekan. Tidak hanya pekerja ataupun pelajar, hal tersebut juga dialami oleh para ibu. Bahkan pada sebagian besar ibu, merasa stres ketika anak sudah mulai sekolah.

Seperti dikutip dari laman Healthline, Senin (14/9/2019), hasil penelitian menyebut bahwa tahun ajaran baru menjadi sumber stres bagi pada orang tua, khususnya bagi ibu.

Studi tersebut dilakukan oleh pusat pengasuhan anak Kiddie Academy, ketika melakukan survei, pada seluruh anggota keluarga menyebut 63 persen mengatakan bahwa hal tersulit ialah berhadapan dengan hari pertama anak sekolah.

“Hal wajar bagi orang tua merasa sulit menjalani masa peralihan ketika anak-anak mereka mulai TK. Di banyak keluarga, hari pertama biasanya kerap tidak terkendali,” ungkap Michele Levin, Psikolog Keluarga.

Meski begitu, Levin juga menyebut bahwa hal tersebut sangatlah wajar. Akan tetapi, hal itu juga penting untuk menjadi pembelajaran, khususnya dalam melakukan penyesuaian diri. Dalam hal ini, sangat penting untuk memperoleh dukungan dari anggota keluarga yang lain.

“Jika anda menemukan cara untuk memulai hari dengan anak anda di pagi hari melalui cara positif, itu bisa mengurangi kecemasan saat anda berlatih secara keseharian,” jelas dokter anak, dr Sara Bode.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close