fbpx
Kesehatan

Bisa Berujung Maut, Lakukan Pertolongan Tersedak Secepatnya

Parentingsehat.com – Pertolongan Tersedak sangat penting, pasalnya benda asing tidak hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman, akan tetapi juga bisa membahayakan nyawa. Maka dari itu, seseorang yang tidak bisa menyepelekan masalah tersedak serta perlu memperoleh pertolongan yang tepat dan cepat.

Dicky Soehardiman selaku dokter spesialis paru konsultan, menjelaskan bahwa tersedak benda asing seperti kacang, daging, buah, ataupun bakso, bisa menyumbat saluran pernafasan.

“Saluran pernapasan bisa tersumbat total karena tersedak. Ini menyebabkan kematian kalau tidak dilakukan tindakan segera,” ungkap Dicky pada siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Untuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan, ialah dengan teknik abdominal thrusts. Teknik tersebut dikenal juga dengan Heimlich maneuver, yakni dengan cara menekan pada area ulu hati secara kuat guna mengeluarkan sumbatan benda asing.

“Tekniknya, kita berada di belakang korban yang tersedak, lalu tangan melingkari tubuh korban. Ya, kita memeluk korban dari belakang. Saat memeluk itu, satu tangan kita mengepal, jempol menekan di atas udel (pusar). Kita tekan itu. Ini untuk meningkatkan diafragma sehingga benda asing dapat keluar. Lakukan berkali-kali,” imbuh Dicky.

Ada begitu banyak benda asing yang umumnya bisa mengakibatkan tersedak. Salah satunya ialah jarum pentul, kacang, mainan anak yang berukuran kecil. Akan tetapi, kasus paling banyak ialah tersedak makanan. Untuk bisa mencegah tersedak makanan, disarankan untuk lebih fokus ketika makan.

“Kita sebenarnya tidak dianjurkan makan sambil multitasking (melakukan aktivitas lain). Kalau makan ya di meja makan, konsentrasilah makan dengan tidak sambil bicara,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close