fbpx
Kesehatan

Berenang Disungai, Gadis 10 Tahun Meninggal Terinfeksi Amuba Mematikan

Parentingsehat.com – Lily Mae Avant gadis berusia 10 tahun meninggal pasca beberapa hari sebelumnya berenang di sungai Brazos dekat rumahnya. Ia meninggal lantaran terinfeksi amuba pemakan otak mematikan yang hidup di air tawar. Seperti yang dikutip dari People, gadis asal Rort Worth, Texas, Amerika Serikat, diketahui, Lily awalnya mengalami gejala penyakit tersebut pada 8 September, tepatnya melalui postingan di grup Facebook oleh salah satu anggota keluarganya.

Mulanya, keluarga Lily berpikiran bahwa sakit kepala dan demamnya hanya karena infeksi virus biasa. Dokter dari keluarga mereka memberikan resep ibuprofen dan hidrasi untuk Lily. Akan tetapi kondisi kesehatan Lily semakin buruk, hingga keluarganya membawanya ke Unit Gawat Darurat. Lily divonis mengalami meningitis bakteri dan virus.

Akan tetapi, pihak keluarga tidak yakin dan memindahkan Lily ke Cook Children’s di Fort Worth. Disana dokter menemukan tulang belakangnya mengalami Naegleriasis atau infeksi otak yang disebabkan oleh amuba langka.

Dijelaskan oleh Departemen Layanan Kesehatan Negara Texas, amuba yang menginfeksi Lily bernama Naegleria Fowleri. Amuba jenis ini bisa menyebabkan penyakit Primer Amebic Meningoencephalitis (PAM) serta biasa hidup di air tawar seperti sungai dan danau.

“Amuba ini dapat menginfeksi otak lewat air yang masuk ke dalam hidung seseorang dan biasanya terjadi selama berenang atau akibat rekreasi air lainnya. Tapi, untuk kasus infeksi seperti ini sangat jarang, karena banyak orang yang berenang di tempat yang sama tidak terjadi apa-apa,” ucap juru bicara Chris Van Deusen.

“Dan kasus Lily menjadi kasus infeksi pertama tahun ini,” imbuhnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close