fbpx
KesehatanNutrition

Benarkan Penderita Anemia Harus Menghindari Minum Susu?

Parentingsehat.com – Banyak beredar anggapan bahwa seseorang penderita anemia akan lebih baik jika tidak mengkonsumsi kalsium, termasuk juga yang ada dalam susu. Sebab, kalsium dianggap bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh, yang pada akhirnya menambah buruk kondisi anemia.

Hardinsyah selaku ahli gizi memberikan tanggapan akan pemikiran tersebut. Ia menilai, susu yang haus dihindari penderita anemia ialah susu sapi segar.

“Susu sapi segar dihindari karena zat besi yang terkandung di dalamnya rendah. Jadi, tidak semua jenis susu harus dihindari penderita anemia,” ungkap Hardinsyah.

Terdapat jenis susu yang sudah dalam bentuk bubuk dan diformulasikan dengan komposisi zat besi lebih tinggi.  Kandungan didalamnya juga sudah ditambah dengan kalsium, zinc, magnesium, dan beberpa vitamin.

“Susu ini aman dikonsumsi penderita anemia. Jenis susu ini dinamakan racikan produk yang diperkaya gizi. Kalau hanya susu sapi segar, memang rendah zat besi,” imbuh Hardinsyah.

Hardinsya juga mengungkap, adanya penambahan zat gizi pada susu olahan, sebagai contoh ialah susu formula bubuk bisa menjadi solusi untuk menyediakan produk gizi yang tepat. Upaya tersebut diharap mampu memenuhi kebutuhan gizi pada anak, remaja, hingga bagi yang mempersiapkan kehamilan.

“Penambahan zat gizi lain, misalnya zat besi, zinc, vitamin A, C, B12, dan D untuk membentuk kalsium,” ujar Hardinsyah.

“Asam folat pun membantu membangun sel-sel dalam tubuh,” pungkas Hardinsyah.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close