fbpx
Kesehatan

Benarkah Tidur Siang Memberikan Manfaat Untuk Kesehatan?

Parentingsehat.com – Seperti yang belakangan ini santer disebutkan oleh banyak pakar, tidur siang dinilai mampu menjaga kesehatan jantung. Dan pada sebuah studi terbaru, disebutkan juga bahwa tidur siang selama dua atau tiga kali dalam seminggu, bisa menjadikan jantung lebih sehat. Namun beberapa peneliti yang lain tidak setuju.

Menurut yang dilaporkan oleh Health Line, para pekerja yang membutuhkan siang, justru menjadi tanda bahwa ia kurang tidur dan kemungkinan besar akan mempunyai resiko masalah jantung. Sebab pada dasarnya, tidur memang sangat diperlukan oleh tuuh untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut lantaran bisa membantu kita pulih dari stres dan membantu organ vital untuk istirahat.

Dijelaskan oleh Dr Anil Rama dari fakultas klinis di Standford University’s Center for Sleep Sciences anda Medicine, California. Menyatakan bahwa salah satu kunci melihat manfaat tidur yakni dengan mengamati waktu tidur seseorang yang sehat dan bebas gangguan.

“Dalam opini saya, pertanyaannya bukan cuma apakah tidur siang itu sehat atau tidak dalam perkara durasi atau frekuensi yang tidak relevan. Pertanyaan yang relevan: apakah tidurnya sehat? Jika ya, maka kita bisa menyebut bahwa tidur siang itu sehat,” jelasnya.

Nate Masterson selaku kepala perkembangan produk di Maple Holistics menambahkan, yang terpenting dan menjadi tantangan untuk penelitian baru ialah terkait pengkuran manfaat kesehatan tidur siang. Yakni dengan memastikan penyebab dibalik kebutuhan tidur siang itu sendiri.

“Jika kamu tidur yang nyenyak dan berkualitas di malam haris, seharusnya kamu tak perlu tidur siang. Maka dari itu, sangat penting untuk menghargai kebutuhan tubuhmu dan memaksakan rasa lelah bisa berdampak negatif pada beberapa fungsi tubuh, termasuk kesehatan kardiovaskular,” jelas Masterson.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close