fbpx
Balita dan Anak

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Memberi ASI Pertama Kali

Parentingsehat.com – Pemberian ASI Pertama pada masa bayi baru dilahirkan, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan. Salah satunya ialah pada pemberian Air Susu Ibu (ASI).

Semua dokter memberikan anjuran bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada anak selama enam bulan. Selanjutnya diteruskan hingga berusa dua tahun lebih. Guna memberikan dukungan pada hal tersebut, diperlukan penyesuaian sejak lahir.

Termasuk juga dalam proses inisiasi menyusui dini (IMD). Dijelaskan oleh Utami Roesli selaku dokter spesialis anak, pasca bayi dilahirkan jangan langsung dipisahkan dengan ibunya. “Begitu lahir letakkan di dada ibunya, minimal satu jam,” papar Utami di Balai Kota DKI Jakarta.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa pada fase tersebut, bayi akan merangkak dengan sendirinya untuk mencari puting ibunya guna minum ASI. Proses tersebut akan sangat membantu bayi dalam beradaptasi serta memudahkan untuk menyusu.

“Dada ibu yang disiapkan Allah untuk anak, bukan tempat tidur. Kalau (bayi) kedinginan dada ibu (suhunya) naik dua derajat, kalau (bayi) kepanasan turun satu derajat,” jelas Utami.

“Kalau minimal menemukan puting itu 55 menit. Kalau belum menemukan bantu, jangan dijejelin, 99 persen anak bisa nyari puting 0-99 menit. Tapi kalau di rumah sakit saya ditunggu sampai 2 jam,” imbuhnya.

“Mamalia mana yang berpisah dengan anaknya yang baru lahir, cuma manusia yang begitu,” lanjutnya.

“Kegagalan ibu menyusui, kegagalan ayah. Keberhasilan ibu menyusui, keberhasilan ayah,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close