fbpx
Kesehatan

Basal Cell Carcinoma, Kanker Kulit Ganas Mirip Tahi Lalat

Parentingsehat.com – Sudah tidak asing jika orang mempunyai nevus atau yang lebih dikenal dengan sebutan tahi lalat di bagian tubuhnya. Tidak bisa dipastikan, namun terkadang bisa berada di wajah, lengan, kaki, dan kepala.

Akan tetapi, bagi orang yang sudah lanjut usia, hal tersebut patut diwaspadi. Bisa jadi bahwa titik hitam tersebut merupakan tumor ganas yang berada pada kulit atau BCC (Basal Cell Carcinoma). Diketahui, BCC merupakan kanker ganas yang muncul akibat paparan sinar matahari. Umumnya jenis kanker ini tumbuh pada area tubuh yang terpapar langsung oleh matahari.

“Kanker yang mirip tahi lalat ini bisa muncul di area wajah, lengan, bahkan kepala. Kalau seperti kalian yang berhijab justru lebih aman, karena area yang terbukanya hanya sedikit,” jelas dr Susie Rendra, Sp,KK, dokter spesialis kulit di RS Pondok Indah, Kamis (12/9/2019).

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa BCC cenderung terjadi pada orang yang sering mempunyai aktivitas di luar ruangan. Penyakit kulit ini juga lebih sering dialami oleh orang Asia.

Sekedar tambahan wawasan, kanker ini mempunyai ciri khas yang bisa dibedakan dengan tahi lalat. Mulai dari bentuk dan tekstur patut diwaspadai.

“BCC itu cirinya adalah tahi lalat yang cepat membesar, gatal, seperti ada luka di tengahnya, lebih menimbul, dan sering berdarah,” tegasnya.

Oleh karena itu, dr Susie juga menyarankan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengenakan pakaian tertutup dan juga memakai lotion tabir surya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close