fbpx
Balita dan AnakBayi

Baru 45 Persen Ibu Di Kota Bandung Yang Beri ASI Eksklusif

Parentingsehat.com – Ketua Umum Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah Oded menjelaskan bahwa di Kota bandung, sebanyak 25,8 persen balita mengalami stunting. Pasalnya, baru 45 persen ibu di Kota Bandung yang memberikan ASI eksklusif kepada anaknya hingga berusia enam bulan.

Salah satu faktornya ialah lantaran tidak diberikan ASI Eksklusif pada bayi hingga enam bulan. Umi, sapaan akrab menyebut bahwa hanya 45 persen ibu di Kota Bandung yang menyusui bayinya secara eksklusif selama 6 bulan. Angka tersebut sangat jauh dari harapannya.

“Setiap anak harus mendapatkan ASI ibunya kecuali ada faktor-faktor tertentu yang sangat kritis sampai ibu tidak bisa memberikan ASI. Karena hari ini hanya 45 persen ibu di Kota Bandung yang telah memberikan ASI-nya sampai 6 bulan,” jelas Umi ketika meluncurkan gerakan pemberian ASI eksklusif akhir pekan ini.

Diketahui, Kota Bandung meluncurkan program Bandung Sadayana ASI Eksklusif (SAE). Program SAE ini diharap bisa mendorng pertumbuhan pemberian ASI kepada anak. “SAE adalah program untuk memenuhi hak anak,” ucapnya.

Sementara itu, dari sisi Ketua Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi Forum Bandung Sehat, Sofa Rahmania menjelaskan, FBS akan melaksanakan beberapa gagasan. Yang pertama ialah, FBS akan memberikan pelatihan kepada 5.000 orang kader untuk menggalan dukungan kepada ibu dalam pemberian ASI.

“Program ASI ini adalah salah satu upaya pemenuhan hak anak. Jadi mari kita memudahkan ibu, baik dari keluarga, maupun lingkungan, dan mengampanyekan fasilitas menyusui di ruang publik. Sampai suatu hari kita targetnya ingin ada Perda tentang ASI dan MPASI (Makanan Pengganti ASI),” jelas Sofa.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close