fbpx
Weight Loss

Bagaimana Cara Kerja Reverse Diet Bisa Kurang Berat Badan?

Parentingsehat.com – Belakangan sedang tren metode baru untuk bisa dengan mudah menurunkan berat badan. Metode tersebut dikenal sebagai Reberse Diet yang merupakan suatu strategi diet dengan menaikkan asupan kalori secara terukur serta bertahap. Sebagai tujuannya ialah untuk bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang sekaligus juga menurunkan berat badan. Nah apa keterkaitan antara metabolisme yang mengikat dengan berat badan turun?

Dijelaskan oleh hhli nutrisi Mochammad Rizal dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), secara singkat metabolisme merupakan proses pembakaran energi (kalori) di dalam tubuh supaya mampu menjalankan fungsi-fungsinya secara normal. Mulai dari jantung berdetak, bekerjanya sistem atau organ pencernaan, paru-paru menghirup oksigen, hingga aktivitas sehari-hari yang membutuhkan energi.

“Semakin tinggi metabolisme berarti tubuh kita semakin boros bahan bakar. Ingat prinsip keseimbangan energi yaitu jika energi yang dikeluarkan oleh tubuh lebih besar daripada energi yang masuk dari makanan dalam jangka waktu tertentu, maka berat badan akan turun,” tegasnya.

Rizal menilai, reverse diet sangat efektif untuk bisa menurunkan berat badan. Pada saat metabolisme naik, maka seseorang mampu mempertahankan berat badan serta komposisi tubuh saat ini, tepatnya dengan asupan kalori yang lebih banyak dan membantu proses penurunan berat bdan lebih efektif pada kemudian hari.

Dengan adanya reverse diet, maka seseorang bisa makan lebih banyak tanpa harus takut berat badan akan naik atau gemuk.

Rizal juga menyebut bahwa ada beberapa cara lain untuk bisa menjaga metabolisme tubuh. Terlepas dari reverse diet, seseorang juga bisa memperbanyak aktivitas fisik, olahraga, istirahat yang cukup dan juga jalani istirahat diet.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close