fbpx
Kesehatan

Badan Cepat Lelah Sebagai Tanda Kekurangan Zat Besi Dan Kalsium

Parentingsehat.com – Padatnya aktivitas sehari-hari terkadang menjadikan seseorang menjadi mudah lelah. Sangat tidak heran jika otot terasa kaku dan terjadi kram. Apabila hal tersebut memang terjadi, penyebabnya bisa karena kekurangan kalsium.

Dijelaskan oleh Dr. Muliaman Mansyur selaku Head of Medical kalbe Nutritionals, kekurangan kalsium bisa memicu kontraksi otot yang tidak stabil, sehingga bisa memicu kram pada otot.

“Pada beberapa orang kram otot sering membuat kesakitan dan tidak nyaman. Sedangkan kalau badan cepat letih juga bisa disebabkan kekurangan zat besi,” papar dr Muliaman, seperti diansir dari detikHealth, Selasa (10/9/2019)

“Kalsium dibutuhkan mulai saat dalam kandungan sampai usia dewasa. Kebutuhan kalsium sehari adalah sekitar 800-1000 mg/hari, Pada saat usia 30-an mulai terjadi penurun pemadatan tulang, sehingga dibutuhkan kalsium yang lebih tinggi sekitar 1000 mg per hari,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dr. Muliaman juga menjelaskan mengenai sumber kalsium yang terbagi menjadi dua. Yakni berasal dari jenis hewani dan nabati. Sedangkan sumber utamanya ialah susu dan makanan yang dioleh dengan bahan utama susu. Sedangkan dari bahan makanan lain, seperti sereal, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan ikan asin yang dimakan beserta tulangnya.

“Sayuran hijau seperti bayam, sawi, daun melinjo, katuk, selada air dan daun singkong juga mengandung kalsium,” jelasnya.

“Penyerapan kalsium akan baik dalam suasana asam, dan disebutkan laktosa adalah kendaraan terbaik mengangkut dan menyerap kalsium makanya susu menjadi pilihan utama sebagai sumber kalsium dibandingkan tablet dan suplemen,” lanjutnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close