fbpx
Balita dan Anak

Asupan Serat Yang Tepat Sangat Penting Untuk Kesehatan Pencernaan Anak

Parentingsehat.com – Asupan serat yang tepat, sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. hal tersebut bisa pula bermanfaat bagi sistem pencernaan mereka serta menjadikan frekuensi buang air besar (BAB) anak lebih teratur.

“Serat punya banyak fungsi, salah satunya menstimulasi pergerakan usus sehingga mampu mempertahankan frekuensi buang air besar lebih teratur dan konsistensi tinja yang lunak,” ucap konsultan gastrohepatologi anak Frieda Handayani.

Diketahui, serat merupakan bagian dari karbohidrat yang tidak mudah dicerna serta diserap oleh tubuh lantaran tahan terhadap enzim-enzim pencernaan. Berdasar pada jenisnya, serat dibadi menjadi dua. Yakni solube fiber (serat yang larut dengan air) an insolube fiber (serat yang tidak larut dalam air).

Beberapa dari jenis serat, seperti FOS dan GOS juga terbukti memberikan dukungan terhadap bakteri baik pada saluran pencernaan. Asupan serat yang cukup serta ditambah gizi yang seimbang, tentu akan membantu dalam mengurangi resiko hipertensi, diabets, dan obeitas pada anak ketika sudah tumbuh dewasa.

Menurut Frieda, sangat penting menjaga kesehatan pencernaan anak. Hal tersebut lantaran percernaan merupakan otak kedua yang tidak hanya berpengaruh pada proses pencernaan, melainkan juga metabolisme tubuh.

“Pencernaan juga memengaruhi mood atau emosi seseorang. Asupan serat yang cukup dapat membantu proses pencernaan yang baik,” imbuh Frieda.

Serat yang cukup dari buah dan sayur, akan menjadikan nutrisi yang masuk bisa diserap serta diproses untuk mendukung tumbuh kembang anak. Salah satu tanda pencernaan yang sehat bisa dilihat pada pola BAB yang rutin.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close