fbpx
Kesehatan

Asam Lambung Naik, Tips dan Cara Mengatasinya

Peningkatan asam lambung dapat menyebabkan rasa sakit di usus dan sensasi terbakar di tenggorokan. Anda bisa mengatasinya dengan cara ini.

Asam lambung adalah zat yang berperan penting dalam proses pencernaan. Namun, kadar asam lambung harus dijaga pada jumlah yang tepat. Jika kadar asam lambung meningkat, berbagai masalah kesehatan bisa terjadi.

eningkatan asam lambung menyebabkan rasa sakit di usus atau sensasi terbakar di dada hingga ke tenggorokan. Kondisi ini sering disertai mual dan muntah, serta rasa asam di mulut.

Selain itu, gejala lain yang mungkin menyertai Asam Lambung (refluks asam) adalah:

  • Ketidaknyamanan perut, sakit di bawah tulang rusuk
  • Sensasi seperti terbakar di dada hingga kerongkongan
  • Mual dan terkadang disertai muntah, berlangsung 24 hingga 48 jam
  • Kehilangan nafsu makan
  • Perut bengkak karena akumulasi gas
  • Kram perut
  • Muntah darah atau hematemesis (walaupun jarang, tetapi dapat terjadi pada kondisi kronis)
  • Perasaan cemas, berkeringat, seperti perasaan sesak dan percepatan detak jantung

Tips Mengatasi Asam Lambung

Perubahan pola makan yang lebih sehat dapat “menyelamatkan” Anda dari kondisi meningkatnya asam lambung. Berikut adalah cara untuk mengobati refluks asam:

Hindari makan terlalu banyak

Mulai makan makanan dalam porsi kecil dan tekstur lembut, tidak menyebabkan iritasi setelah timbulnya “krisis” asam lambung. Kemudian, terus biasakan makan secara teratur dan lebih sering pada frekuensi yaitu 4-6 kali sehari dalam porsi kecil.

Baca juga : 7 Gejala Usus Buntu Yang Harus Diwaspadai

Air minum

Air dibutuhkan untuk menyeimbangkan tingkat pH sehingga usus bekerja lebih cepat dalam proses pengosongan lambung. Jadi gandakan asupan air saat asam lambung Anda berulang.

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga bisa mengalahkan asam lambung. Dalam satu penelitian, mengunyah permen karet ditemukan untuk menstimulasi laju pelepasan air liur, sehingga menetralkan akumulasi asam dalam lambung.

Hindari kafein, alkohol, dan rokok

Berhentilah mengonsumsi kafein (teh dan kopi), alkohol, dan rokok, selama Anda memiliki gejala asam lambung. Jika itu sangat bergantung pada kafein, coba kurangi porsi harian yang Anda konsumsi. Juga hindari minum kopi pada waktu perut kosong karena ini akan memperburuk perut.

Hindari mengonsumsi produk yang mengiritasi perut

Hindari semua produk yang mengandung anti-inflamasi. Obat penghilang rasa sakit atau produk lain (seperti beberapa obat flu) yang mengandung aspirin, ibuprofen, naproxen, atau yang disebut NSAID dapat membuat perut Anda semakin parah.

Hindari makanan yang mengiritasi

Beberapa makanan yang terlihat seperti iritan adalah makanan pedas, terlalu gemuk, gorengan, asam dan santan. Sebaiknya dihindari karena dapat memicu asam lambung.

Cobalah untuk meminimalkan stres

Didalam sebuah penelitian, tingkat stres dapat memicu secara signifikan dan meningkatkan sekresi asam lambung. Jika stres adalah penyebab meningkatnya asam dalam perut Anda, cobalah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan stres Anda dan lakukan sesuatu untuk menguranginya.

Cobalah Mengkonsumsi Promag

Cara yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh refluks asam adalah dengan minum obat. Salah satunya adalah Promag Cair. Dikirim dalam kantong yang praktis, Promag Liquid bekerja dengan cepat untuk mengatasi gangguan lambung dan menetralkan asam lambung.

Promag Liquid diformulasikan dengan formula hidrotalsit, magnesium hidroksida dan simetikon. Ketiganya bekerja dengan cepat untuk meredakan gejala maag dan asam lambung, seperti kesemutan, mulas, mual, dan kembung.

Dimungkinkan untuk menghindari peningkatan keasaman lambung dengan mengadopsi diet yang sehat dan teratur dan menghindari pemicu. Jika Anda sudah merasakan sakit asam di perut, segera atasi metode di atas. Ingatlah bahwa Promag Liquid selalu tersedia di tas Anda kapan saja, ketika asam lambung meningkat.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close