fbpx
Kesehatan

Apakah Aman Jika Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?

Parentingsehat.com – Beberapa orang mungkin pernah merasakan jantung mereka berdebar setelah meminum kopi. Kondisi jantung yang berdebar tersebut merupakan efek dari kopi atau kafein, seringkali membuat sebagian orang merasa khawatir.

Dijelaskan oleh dokter ahli jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Pusat Jantung nasional Harapan Kita, r BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, kondisi jantung yang berdebar merupakan keluhan subjektif atau efek dari kopi yang dirasakan oleh seseorang. jantung berdebar tersebut jiga bisa dilihat dari dua kondisi irama jantungnya. Yakni jenis irama beserta dengan frekuensinya.

“Kalau frekuensinya terlalu cepat ataupun lambat, itu bisa jadi keadaan yang mengkhawatirkan dan menjurus ke membahayakan. Tapi, kalau dia berdebar-debar tapi sampai membuat irama jantung tidak teratur, bisa jadi peringatan, barangkali harus berobat untuk memastikan irama jantungnya normal atau tidak ke pelayanan kesehatan,” paparnya seperti yang dilansir dari detikcom, Minggu (22/9/2019).

Lebih lanjut, dr Ario juga menjelaskan bahwa, jika jantung berdebar keras akan tetapi irama dan frekuensinya normal hingga menjadikan seseorang tidak nyaman, maka harus segera diperiksakan ke dokter. Sehingga nantinya bisa diberi obat yang sesuai untuk mengurangi keluhan tersebut.

“Untuk keadaan jantung yang berdebar keras namun frekuensi dan iramanya normal dianjurkan untuk segera ke dokter. Nanti akan diberikan obat-obatan yang bisa mengurai keluhan tersebut, sampai menunggu efek dari kopi atau kafein tersebut hilang,” ucapnya.

Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close