fbpx
KehamilanWeight Loss

Apa Boleh Ibu Hamil Tetap Jalankan Program Diet?

Parentingsehat.com – Pada saat calon ibu yang tengah hamil mengalami morning sickness, umumnya terasa mual unutk makan ataupun minum. Sangat lazim bagi para calon ibu berpikiran bahwa jika tidak makan atau diet, maka akan terasa lebih baik. Akan tetapi, apa boleh ibu hamil diet?

Diungkap oleh Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, ketika hamil calon ibu tidak disarankan untuk diet. Pasalnya, saat masa hamil hingga menyusui, calon ibu justru butuh lebih banyak asupan makanan dan juga nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan janin.

“Pada saat hamil, tidak disarankan untuk diet karena pada saat hamil sebenarnya tubuh butuh nutrisi makro dan nutrisi yang lebih banyak sampai 25 persen dari saat normal,” ungkap dr Muliaman dilansir dari detikHealth, Jumat (20/9/2019).

Akan tetapi, ketika morning sickness sudah berlalu, selera makan ibu umumnya meningkat. Pada masa ini, maka ibu harus menjaga makanan yang baik, perlu diperhatikan dari sisi kualitas atau kebersihan.

“Pemilihan nutrisi yang sesuai seperti tidak banyak mengonsumsi gula dan lemak bisa dilakukan. Pilihlah makanan yang lengkap dan seimbang komposisi nutrisi makronya seperti protein karbohidrat dan lemak. Calon ibu juga harus memilih nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan janin,” papar dr Muliaman.

“Misalnya vitamin dan mineral, asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, serta asam lemak esensial seperti Omega 3 dan 6, serta DHA,” imbuhnya.

“Tambahan nutrisi dari kebutuhan harian itu karena ibu harus memproduksi ASI yang berkualitas. Mengonsumsi asupan kalsium, DHA dan vitamin B serta nutrisi makro lain adalah contoh yang dibutuhkan saat menyusui,” lanjutnya.

“Rata-rata kenaikannya sekitar 10-12 kg, misalnya saat sebelum hamil berat badan adalah 50 kg, maka maksimal berat badan saat hamil atau menyusui adalah 66 kg,” jelasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close