fbpx
Kesehatan

Apa Benar Tidak Boleh Langsung Minum Air Putih Setelah Berlari?

Parentingsehat.com – Berlari adalah salah satu aktivitas fisik yang membuat tubuh tetap sehat dan sangat mudah untuk dilakukan. Pada saat selesai berlari, khususnya dalam jarak jauh, umumnya muncul perasaan haus.

Rasa haus tersebut bisa hilang dengan mudah jika minum air putih. Akan tetapi, ramai beredar informasi yang menyebut bahwa minum air putih setelah berlari haruslah dihindari.

Hal tersebut lantaran ada pandangan bahwa meminum air putih langsung setelah olahraga berat, mampu memperlambat kerja hati serta dikhawatirkan meingkatkan resiko aritmia (gangguan irama jantung), yang terbilang mematikan. Memberikan tanggapan akan kabar tersebut, dilansir dari Health Liputan6.com yang berbincang dengan dokter timnas sepakbola Wanita Indonesia Asian games 2018, Grace Joselini.

“Setelah lari langsung minum air ya enggak masalah kok. Itu malah bagus. Apalagi kalau kita lari jarak jauh di tengah cuaca panas. Tapi pelan-pelan minumnya. Jangan langsung full juga (menghabiskan satu botol dalam sekali teguk),” ungkap Grace.

“Malah disarankan minum air sekitar 250-600 ml (setelah lari) untuk yang lari di bawah sejam. Kalau cuaca panas sekali, harus minum lebih dari 600 ml,” tambahnya.

“Biasanya untuk lari jarak jauh, kita perlu minum setengah gelas air mineral setiap 15-20 menit. Bahkan setiap satu jam sekali, botol minum yang kita bawa buat lari jarak jauh, misalnya, harus diisi penuh, terlebih lagi ketika suhu panas dan lembap,” pungkasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close