fbpx
Kesehatan

Apa Benar Olahraga Rutin Bisa Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Parentingsehat.com – Olahraga secara rutin disebut mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Bahkan banyak pula orang yang percaya bahwa olahraga bisa bantu hilangkan bau mulut yang dialami oleh umumnya orang. Benarkah hal tersebut?

Seperti yang pernah dijelaskan oleh dokter gigi, Dina Adrianti, cara mengurangi bau mulut dengan berolahraga itu tidaklah tepat. Pasalnya dua hal tersebut tidak ada keterkaitan.

“Enggak ada hubungannya, antara olahraga dengan mengurangi bau mulut. Justru saat kita berolahraga, cairan tubuh akan berkurang, termasuk air liur. Jumlah air liur akan sedikit,” jelas Dina melalui siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan beberapa waktu silam.

Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa jumlah air liur yang sedikit tidak mampu membersihkan plak-plak yang berada di dalam mulut. Plak yang tidak sepenuhnya dibersihkan oleh air liur inilah yang akan memicu adanya bau mulut.

Sebagai langkah untuk mengatasi bau mulut, cara terbaik ialah dengan menjaga kebersihan mulut. Baik itu gigi ataupun lidah. Dengan rajin menggosok gigi serta membersihkan sisa makanan, akan membantu atasi bau mulut.

“Menggosok gigi bisa membantu (atasi bau mulut), tapi kita juga harus membersihkan sisa makanan yang menyelip. Itu bisa menggunakan benang gigi,” imbuh Dina yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta.

“Lidah bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi. Bisa juga menggunakan alat pembersih lida,” pungkasnya.

Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close