fbpx
Kesehatan

Akupresur Bisa Picu Tingkatkan Nyeri Kronis Pada Punggung Bawah

Parentingsehat.com – Peneliti menemukan, akupresur bisa meningkatkan gejala nyeri kronis pada punggung bagian bawah. Pasalnya, akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional China yang sering diterapkan oleh orang untuk menyembuhkan penyakit di persendian.

“Dalam banyak kasus, akupresur disarankan untuk nyeri ringan di tubuh yang meliputi nyeri punggung bagian bawah juga karena berhubungan dengan memberikan tekanan pada tubuh yang meliputi pijatan, peregangan dan teknik lain yang menghasilkan relaksasi,” ucap Sumit Bhushan Sharma, Associate Director, Departemen Ortopedi dan Penggantian Sendi di Rumah Sakit Jaypee di Noida.

Menurut yang dilansir dari Times Now News, pada studi yang dipubliksikan dalam jurnal Pain Medicine, tim peneliti melakukan secara acak dengan menugaskan 67 peserta dengan neyeri punggung bawah kronis menjadi tiga kelompok, yakni dengan relaksasi akupresur, stimulasi akupresur, atau melakukan perawatan biasa.

“Akupresur mirip dengan akupunktur, tetapi alih-alih menggunakan jarum, tekanan diterapkan dengan jari, ibu jari, atau perangkat ke titik-titik tertentu pada tubuh,” ungkap pemimpin penelitian Susan Murphy, Associate Professor di Michigan University.

“Relaksasi akupresur dianggap efektif dalam mengurangi insomnia sementara merangsang akupresur dianggap efektif dalam pengurangan kelelahan,” imbuhnya.

Sedangkan dari hasil penelitian sebelumnya, sudah dipelajari bahwa akupresur terbukti mempunyai manfaat pada pasien kanker atau nyeri osteoartritis. Ada pula beberapa studi yang melakukan penelitian akupresur pada para penderita sakit punggung.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close