fbpx
Kesehatan

Air Purifier Mahal, Dakron Juga Ampuh Saring Kabut Asap

Parentingsehat.com – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menyaring udara dalam ruangan atau di dalam rumah supaya konsentrasi partikel polusi bisa dikurangi. Dalam hal ini, banyak warga yang mengandalkan air purifier, akan tetapi harganya yang mahal menjadikan semua orang belum tentu bisa menjangkaunya.

Dalam hal ini, dr Ahmad Yurianto selaku Sekertaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, mengungkap bahwa pruifier itu mahal. Akan tetapi alat tersebut masih digantikan dengan menggunakan dakron basah.

“Mahal lho air purifier. Yang penting lubang udara yang masuk ditutupi pakai dakron basah. Dakron kan berfungsi untuk filter,” jelas dr Ahmad Yurianto, dilansir detikcom, Rabu (18/9/2019).

Jenis dakron yang dipakai pun terbilang murah serta mudah diperoleh di pasaran. Akan tetapi, memang masih banyak yang belum tahu bahwa dakron basah mampu dipakai untuk penyaring udara.

“Dakron yang di pasar itu yang isian bantal bukan kapuknya. Bukan murah lagi, banyak. tapi tidak semua warga itu tahu kain dakron itu apa,” ucap pria yang akrab disapa dr Yuri tersebut.

Sedangkan kajian terkait dengan dakron basah tersebut sudah diteliti oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2015. Sehingga tingkat efektivitasnya mampu dibuktikan serta ketika itu memang ternyata bisa menurunkan kadar partikel pencemaran udara dari luar.

“Sangat efektif. Itu sudah kajian ITB dan itu sudah implementatif sebenarnya. Sayangnya pemahaman soal dakron belum tersosialisasi di banyak masyarakat,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close