fbpx
Kesehatan

Air Hujan Pada Wilayah Karhutla Jangan Dipakai Untuk Cuci Muka

Parentingsehat.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta untuk relawan dan masyarakat mewaspadai turunnya hujan di wilayah terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya, air hujan tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan kulit orang yang jenis kulitnya sensitif.

“Ketika ada hujan, bukan berarti bisa berpesta, karena hujan yang membersihkan asap itu sangat berbahaya,” ucap Kasubdit Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi di Humanity Distribution Center (HDC) ACT di Gunung Sindur, Bogor, Senin.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan bahwa hujan tersebut mempunyai tingkat keasaman yang tinggi sehingga bisa menyebabkan gatal-gatal bagi orang yang berkulit sensitif. Ia bahkan menyerankan bagi mereka yang rentan tidak bersinggungan secara langsung dengan air hujan, jika memang terjadi hujan pada wilayah terdampak karhutla.

“Beberapa orang yang kulitnya sensitif, pasti timbul gatal-gatal. Kalau dipakai untuk mencuci muka juga bisa membuat iritasi buat mata kita,” ucapnya.

bagi orang yang mempunyai kulit sensitif dan terkena air hujan pada wilayah karhutla, Adi memberikan saran untuk segera membasuhnya dengan air biasa. Selain tidak sehat bagi kulit, ia juga menyebut bahwa tingkat keasaman air hujan yang terjadi pada wilayah terdampak karhutla juga tidaklah baik bagi pertumbuhan tanaman.

“Tanaman pun tidak akan bagus akibat dari campuran debu atau partikulat hujan yang terjadi di karhutla,” jelas Adi.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close