fbpx
Jalan JalanSerba Serbi

5 Cara Ampuh Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Traveling

Bepergian atau wisata menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dapat menyegarkan pikiran. Ya, dengan liburan, setidaknya otak dan tubuh dapat beristirahat dari jadwal yang sibuk dan kelelahan kerja, sehingga mereka dapat kembali segar ketika bekerja lagi.

Sayangnya, untuk berlibur, kesehatan fisik sering diabaikan. Karena terlalu terbawa suasana rileks, waktu makan pun terlupakan. Akibatnya, jam makan kita benar-benar menjadi berantakan, dan pola makan kita menjadi salah.

Padahal, menjaga kesehatan saat berlibur dan bepergian tidak kalah penting, sehingga kita bisa melaksanakan tanggung jawab kita setelah liburan selesai. Apa yang terjadi, jika setelah menyegarkan, justru menurunkan kesehatan tubuh dan membuat kita ‘kolaps’? Ayo, simak cara mempertahankan kesehatan agar tetap bugar saat liburan sebagai berikut:

Baca juga : 7 Hewan Langka di Indonesia Yang Hampir Punah

  1. Jangan melewatkan sarapan

Baik itu ketika melakukan rutinitas harian, atau bahkan berlibur, sarapan adalah sesuatu yang sangat penting. Selain memberi energi pada tubuh saat memulai hari, sarapan juga merupakan salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama saat bepergian. Menu sarapan sehat sangat mudah didapat, bahkan ketika kita berada di bandara. Misalnya, Anda dapat mengonsumsi pisang dan yogurt Yunani sebagai menu sarapan sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata. Mudah, sederhana, dan tetap sehat, bukan?

  1. Buat jadwal makan

Saat berlibur, tidak jarang bagi kita untuk sering menjadi gila dan makan makanan dengan porsi lebih banyak daripada hari normal. Tentunya ini akan sangat merugikan bagi mereka yang sedang diet. Belum lagi anggaran kita akan membengkak hanya karena kita sering membeli makanan saat bepergian. Nah, agar tidak berlebihan saat membeli dan makan makanan, buatlah jadwal makan pada daftar jadwal perjalanan Anda. Jika perlu, berikan informasi lebih rinci dan tentukan lokasi tempat makan yang ingin Anda kunjungi pada setiap waktu makan.

  1. Masak sendiri

Jika Anda tinggal di homestay atau villa yang dilengkapi dengan dapur, maka Anda harus memasak berbagai makanan sendiri untuk dimakan. Selain bisa lebih mengontrol kualitas makanan yang akan dimasak, Anda juga bisa mengendalikan porsi makan Anda agar tetap sehat dan seimbang. Dan tentu saja, dengan memasak hidangan Anda sendiri daripada makan di restoran terus menerus, Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda selama liburan.

  1. Selalu bawa persediaan air minum

Saat bepergian, sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, terutama jika Anda memiliki tempat wisata yang cukup. Ini memang sering dilupakan dan diabaikan, sedangkan jika Anda tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, terutama saat Anda bepergian, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi. Karena itu, pastikan untuk selalu membawa tempat minum, sehingga Anda bisa memberikan asupan cairan ke tubuh secara teratur.

  1. Tingkatkan konsumsi sayuran

Pergi berlibur bukan berarti kita kemudian melupakan nutrisi dalam tubuh. Ya, selama liburan, kita sebenarnya makan lebih banyak junk food daripada makanan sehat. Alasannya karena sederhana dan mudah didapat. Padahal, ketika kita melakukan perjalanan jauh, nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebenarnya lebih banyak. Cobalah untuk tetap mengonsumsi sayuran hijau secara teratur untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Selain itu, beberapa jenis sayuran yang tinggi serat dan cairan juga dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah kita makan lebih banyak makanan saat bepergian. Semoga bermanfaat bagi Anda dan keluarga ya

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close