fbpx
Bayi

Penjelasan Terkait Skrotum Bengkak Pada Bayi

Parentingsehat.com – Bagi bunda yang mempunyai bayi laki-laki, ada kemungkinan jika selalu memperhatikan apa yang terjadi pada testis si kecil. Dengan menjaga kemaluan, serta memastikan organ tersebut tumbuh dengan baik merupakan hal yang sangat penting. Termasuk juga jika terjadi hidrokel pada bayi, dimana menunjukkan kondisi kantung buah zakarnya tampak membengkak.

Diketahui, hidrokel sangat umum terjadi pada bayi yang baru lahir serta biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan pengobatan. Membahas tentang hidrokel, apa saja penyebab dan gejala yang terjadi pada bayi? berikut penjelasan singkatnya.

Seperti dilansir dari Mayi Clinic, hidrokel merupakan terjadinya pembengkakan skrotum akibat terkumpulnya cairan pada selubung tips yang mengelilingi testis. Sebagai satu tanda hidrokel yakni pembengkakan tanpa rasa sakit.

Umumnya, hidrokel pada bayi bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika hidrokel pada bayi tidak hilang, tepatnya pasca ia berusia 1 tahun, maka seharusnya segera dikonsultasikan dengan dokter.

Ada dua jenis hidrokel pada bayi, yakni :

  1. Communicating hydrocele, yang merupakan dampak dari saluran yang tidak tertutup.
  2. Noncummunicating hydrocele, terjadi akibat tubuh bayi tidak menyerap cairan dengan baik.

Menurut yang dikutip dari Children’s Hospital of Philadelphia, pada beberapa kasus pengobatan hidrokel bisa hilang dengan sendirinya pada jenis Noncummunicating hydrocele. Akan tetapi, jenis ini terkadang bertahan hingga usia bayi 1 tahun.

Sangat penting untuk diketahui, penyebab lain dari pembengkakan harus dipelajari. Lantaran bisa saja memerlukan perawatan.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close