fbpx
Balita dan Anak

Ahli Gizi : Pentingnya Sarapan 2 Jam Setelah Bangun Tidur

Parentingsehat.com – Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi 2019 diadakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), yang bekerja sama dengan Sari Roti. Kegiatan tersebut diikuti setidaknya oleh 2168 anak-anak PAUD yang disertai ibu pendamping se-Jakarta Pusat.

Netti Herawati selaku Ketua Himpaudi menyebut bahwa acara tersebut diadakan guna memberikan edukasi kepada tenaga pendidik anak usia dini serta orang tua mengenai pentingnya sarapan padat bernutrisi.

“Sarapan itu diharapkan memenuhi sepertiga kebutuhan gizi anak, di mana kebutuhan gizi anak itu adalah lengkap mulai dari protein, vitamin, mineral, energi semua diperlukan. Sehingga ketika kita makan pagi seharusnya bisa memenuhi sepertiga kebutuhan yang tadi,” ungkap Netti juga selaku Guru Besar Gizi dan Pangan, seperti dilansir dari detikhealth, Sabtu (7/9/2019).

Lebih lanjut, ia juga mengungkap bahwa sesuai data, terdapat 20% anak yang sarapannya hanya dalam bentuk cairan. Seharusnya sarapan mereka juga berupa makanan padat.

“Anak-anak harus makan paling tidak 2 jam setelah bangun tidur, kenapa? Karena setelah bangun tidur tubuh kekurangan glukosa, sehingga harus kita penuhi kebutuhan gizi anak melalui sarapan,” imbuhnya.

“Mengingat waktu yang dimiliki anak lebih banyak dihabiskan di rumah, karena itu kami nanti bikin belajar sambung di rumah namanya,” tegasnya.

“Kami cukup selektif untuk bekerja sama, kami sudah melihat apa kandungannya dari Sari Roti. Harapan kami, (Sari Roti) bisa memenuhi sepertiga kecukupan gizi pada anak usia dini,” pungkasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close